Senin, 16 September 2013

Cara Export File Di CorelDraw

Fasilitas Export digunakan apabila sobat sekalian akan mengirim file hasil CorelDRAW ke sistem selain CorelDRAW, tentunya dengan sistem yang kompatibel dengan program CorelDRAW.

Fasilitas Export dipakai dengan menggunakan menu;
File => Export atau  klik saja icon Export yang ada pada Toolbar Standar.
Sistem akan menampilkan dialog seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara Export File Di CorelDraw

Pilihan yang ada pada dialog Export;
=> Save in: Untuk menentukan lokasi Drive dan folder tempat penyimpanan file hasil Export.
=> Up One Level: Untuk mengaktifkan satu level folder di atasnya.
=> Create New Folder: Untuk membuat folder baru.
=> View Menu: Untuk menentukan model tampilan folder dan file
=> File Name: Tempat mengetikkan nama file yang akan diexport.
=> Save as Type: Untuk menentukan jenis file, yang akan diexport. (na.. disini sobat bisa menentukan format File yang akan disimpan)
=> Sort Type: Untuk menentukan urutan file yang tampil pada kotak pilihan file, berdasarkan nama file, ekstensi file dan sebagainya.
=> Notes: Berisi informasi singkat tentang file yang bersangkutan.
=> Compression Type: Untuk menentukan jenis kompresi file yang diinginkan.
=> Selected Only: Agar sistem menyimpan gambar yang terpilih saja di lembar kerja, klik kotak kecil putih untuk memunculkan tanda rumput sehingga pilihan ini aktif.
=> Export: Untuk menjalankan perintah pengiriman file dengan spesifikasi yang telah ditentukan terhadap file terpilih, sekaligus menutup dialog Export File.
=> Cancel: Untuk membatalkan pengiriman file terpilih dan sekaligus menutup dialog Export File.

Misalnya sobat akan mengirim file Sample dalam format BMP (Windows Bitmap) pada pilihan File of Type => klik tombol Export, maka sistem akan menampilkan dialog Bitmap Export, seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Export File Di CorelDraw

Setelah dialog Convert to Bitmap terbuka, anda bisa melakukan proses lainnya pada bagian-bagian sebagai berikut:
=> Image Size: Untuk menentukan ukcuran skala gambar yang akan diproses.
=> Resolution: Untuk menentukan resolusi gambar hasil proses.
=> Color Mode: Untuk menentukan sistem warna yang akan dipakai.
=> Anti Aliasing: Agar sistem memproses kurva beserta sisi diagonalnya supaya lebih halus, klik kotak kecil putih untuk memunculkan tanda rumput sehingga pilihan ini aktif.
=> Dithered: Agar sistem meningkatkan mutu warna dari gambar bitmap, klik kotak kecil putih untuk memunculkan tanda rumput sehingga pilihan ini aktif.
=> Transparent Background: Agar sistem mengambil semua gambar, termasuk gambar di luar lembar kerja, klik kotak kecil putih untuk memunculkan tanda rumput sehingga pilihan ini aktif.
=> Apply ICC Profile: Agar sistem menggunakan profile sistem warna ICC, klik kotak kecil putih untuk memunculkan tanda rumput sehingga pilihan ini aktif.
=> OK: Untuk menjalankan perintah Export dengan ketentuan yang telah ditetapkan pada bagian-bagian kotak dialog Bitmap Export dan sekaligus menutup dialog Bitmap Export.
=> Cancel: Untuk membatalkan perintah Export.
=> Help: Untuk menjalankan fasilitas bantuan tentang tata cara Export. Export For Office.

CorelDRAW menyediakan fasilitas untuk melakukan ekspor file, yaitu sobat bisa langsung mengekspor  file untuk digunakan dalam aplikasi Microsoft Office. Prosedur untuk melakukan proses Export For Office ini sama seperti ekspor biasa, akan tetapi format file yang tersedia sudah disesuaikan sehingga dapat digunakan dalam progam aplikasi pada lingkungan Microsoft Office.

Agar lebih jelas lagi, inilah contoh menggunakan fasilitas Export For Office. Misalkan anda akan mcngekspor salah satu file untuk Microsoft Office, caranya: Klik menu File => klik Export For Office.

Catatan;
Ketika memberi nama file sobat tidak bisa menggunakan nama file yang sudah tersedia pada bagian pilihan nama file. Jika akan menggunakan nama file yang sama, sobat tidak boleh menyimpan di lokasi Drive dan direktori yang sama, supaya isi file yang sudah ada tidak hilang.

Semoga bermanfaat
Sekian dan terima kasih


1 komentar:

  1. Terimakasih atas informasinya ya..!! artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    semoga artikel ini memberikan manfaat untuk orang-orang yang sudah membacanya.

    BalasHapus

Social Media

Photoshop Manipulasi Koleksi Tas Dan Souvenir Minasa Upa - by andi fiqran | Copyright of Stimlash : Tutorial CorelDraw Tips Dan Trik.
Widget by : andi fiqran